Tujuan Blog...!!!

Tujuan blog ini di buat semata-mata hanya bertujuan untuk mengumpulkan bahan referensi pembelajaran pribadi, dan setiap artikel yang di muat ke dalam blog ini di ambil dari Alamat-alamat situs dan blog lain tanpa menghilangkan nama, tanggal dan mengubah isi yang di buat penulis aslinya, di harapkan blog ini bisa menunjang pembelajaran pribadi, dan tanpa mengurangi rasa hormat penulis aslinya saya ucapkan banyak terima kasih....

BURUAN JANGAN KETINGGALAN UNTUK MERAIH JUTAAN RUPIAH...!!!!

Tahukah anda ????

Bagian ini adalah info singkat yang akan selalu di Update tiap minggunya, untuk info lengkap tentang pembahasan di bawah ini juha di bahas dalam blog ini. Semoga bermanfaat

Tahukah anda bahwa kota tertua di dunia adalah Gaziantep, Turki (3650 SM ?)Kota yang dulunya dikenal dengan nama Antep yang sekarang menjadi ibukota provisi yang sama dengan namanyamerupakan kota tertua di dunia , Giazantep ini adalah kota tertua yang masih tegak berdiri. Kota ini memiliki sejarah sejauh zaman orang Het (Hittite). Kota ini terus menerus di tinggali semenjak zaman Paleolithic, dan tumbuh besar bersama dengan kekaisaran Ottoman.

Jumat, 16 Oktober 2009

Info buku Kimia dasar



PEKI4202
Kimia Dasar 2
Marheni, dkk
3 sks / modul 1-9: ill.; 21 cm
ISBN : 9796897369
DDC : 540
Copyright (BMP) © Jakarta: Universitas Terbuka, 2007

Tinjauan Mata Kuliah
Mata kuliah Kimia Dasar 2 merupakan kelanjutan dari Kimia Dasar 1. Seperti halnya Kimia Dasar 1, mata kuliah ini diajarkan untuk memberi bekal pengetahuan, sikap, dan keterampilan kepada Anda, sehingga Anda mampu belajar lebih lanjut dalam bidang sains dan mengajarkan sains pada tingkat sekolah menengah pertama dan pada tingkat sekolah umum (SMU).

Mata kuliah ini mempunyai bobot 3 sks dan terdiri dari sembilan modul, yaitu.

1. Modul 1 Larutan
2. Modul 2 Kinetika Kimia
3. Modul 3 Kesetimbangan Kimia
4. Modul 4 Kesetimbangan Larutan Dalam Air
5. Modul 5 Koloid
6. Modul 6 Elektrokimia
7. Modul 7 Kimia Unsur
8. Modul 8 Kimia Inti
9. Modul 9 Hidrokarbon: Alkohol, Eter, Aldehida Dan Keton

Supaya memudahkan Anda mempelajari mata kuliah ini, modul-modul yang ada pada Kimia Dasar 1 perlu dikuasai. Untuk dapat dengan mudah Anda mempelajari kesembilan modul dalam Kimia Dasar 2 ini, kami menyarankan kepada Anda untuk menyimak materi yang disajikan secara berurutan, mulai modul pertama sampai modul terakhir.

Belajar melalui modul memerlukan kemandirian, kedisiplinan, keteguhan hati dan kejujuran Anda. Apabila Anda belum menguasai separuhnya, perlu Anda ulangi bagian yang belum dikuasai itu, sehingga dasar belajar Anda lebih mantap.

Dalam mempelajari modul ini Anda diharapkan:

1. membaca dan meresapi uraian dengan cermat.
2. mengerjakan latihan yang dikerjakan.
3. mendiskusikan hasil kerja latihan ini dengan teman yang mengambil mata kuliah yang sama atau dengan tutor yang membimbing mata kuliah ini.
4. mendiskusikan pokok materi dengan teman peserta . e. mengerjakan tes formatif.

Selain informasi yang ada dalam modul ini, Anda diharapkan membaca pula buku yang ada dalam daftar pustaka yang tercantum disetiap akhir modul. Pergunakanlah waktu Anda sebaik mungkin sehingga dapat selesai pada waktunya. Selamat belajar, semoga sukses!
MODUL 1: Larutan

Kegiatan Belajar 1: Larutan
Rangkuman
Secara fisik campuran ada yang homogen dan heterogen. Campuran yang homogen disebut larutan. Komponen larutan yang jumlahnya sedikit disebut zat terlarut, dan komponen yang jumlahnya lebih banyak disebut pelarut. Bila jumlah zat yang dilarutkan (zat terlarut) banyak dikatakan larutan pekat, sedang bila zat terlarutnya sedikit disebut larutan encer. Air disebut pelarut universal sebab air dapat melarutkan bermacam-macam zat.

Sifat melarutnya zat-zat dikenal dengan sebutan "partikel sejenis melarutkan partikel sejenis atau like dissolves like", artinya pelarut yang polar akan lebih mudah melarutkan zat yang polar, sedangkan pelarut yang nonpolar lebih mudah melarutkan zat yang nonpolar juga. Larutan-larutan padat seperti aliase dibuat karena sifat-sifatnya yang menguntungkan diantaranya titik leburnya, kekerasan, hantaran listrik dan tahan korosi.

Kegiatan Belajar 2: Konsentrasi Larutan
Rangkuman

1. Molaritas (M) = jumlah mol zat telarut dalam 1 liter larutan
2. Molalitas ( m) = jumlah mol zat terlarut dalam 1000 g pelarut
3. Persen massa = jumlah gram zat terlarut tiap 100 gram larutan
4. Persen volumeume = jumlah mL zat terlarut dalam 100 mL larutan

Kegiatan Belajar 3: Sifat Koligatif Larutan
Rangkuman



Daftar Pustaka

* Brady, J.E.. (1990). General Chemistry. 5th.ed. New York : John Willey & Sons.
* Brown, Theodore L ; LeMay H,Eugene ; Bursten , BE (1997). Chemistry : The Central Science. 7 th ed. Int. Ed. London : Prentice-Hall International, Inc.
* Chang, Raymond. (1991). Chemistry. 4th.ed. New York : McGraw Hill Inc.
* Harvey, David. (2000). Modern Analytical Chemistry. Boston. McGraw Hill Co.
* Oxtoby, D.W.; Gillis H.P.; Nachtrieb NH. (2001). Prinsip-Prinsip Kimia Modern. Edisi 4 jilid 1. Alih bahasa Suminar S. Achmadi. Jakarta : Erlangga
* Sastrawijaya, T dkk. (1999). Kimia Dasar II. PIPA 3334. Jakarta : Universitas Terbuka.
* Sastrohamidjojo, H. (2001). Kimia Dasar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
* Silberberg, Martin S. (2003). Chemistry: The Molecular Nature of Matter an Change. 3rd ed.New York McGraw Hill Co.


MODUL 2: Kinetika Kimia

Kegiatan Belajar 1: Laju Reaksi
Rangkuman
Laju reaksi adalah ukuran dari laju berkurangnya konsentrasi pereaksi atau laju terbentuknya hasil reaksi (produk). Ada 2 macam laju reaksi yaitu laju rata-rata yaitu laju reaksi dalam interval waktu tertentu dan laju sesaat yaitu laju pada saat tertentu. Laju reaksi sesaat tidak sama besar dari waktu ke waktu, pada awal reaksi laju ini paling besar dan selama reaksi berlangsung terus berkurang sampai akhirnya mencapai harga nol di akhir reaksi.

Ada beberapa cara untuk menentukan laju reaksi yang tidak terlampau cepat. Analisis kimia secara volumetri merupakan cara yang paling sederhana baik dari segi prosedur maupun peralatannya. Persamaan laju reaksi ditentukan dengan 2 cara yaitu cara laju awal dan cara integral.

Orde reaksi merupakan bilangan yang menyatakan hubungan konsentrasi dengan laju reaksi. Reaksi yang umum dan sederhana biasanya mempunyai orde pertama, selain itu kita kenal reaksi orde kedua dan ketiga dan beberapa reaksi yang berorde nol bahkan orde pecahan.

Kegiatan Belajar 2:Waktu Paruh Reaksi
Rangkuman
Waktu paruh yaitu waktu yang diperlukan agar konsentrasi pereaksi berkurang menjadi setengah dari semula. Untuk reaksi orde pertama waktu paruhnya tidak ditentukan oleh konsentrasi awal zat pereaksi tetapi untuk reaksi yang berorde dua, tiga dan sebagainya ditentukan oleh konsentrasi awal pereaksi.

Reaksi kimia umumnya melalui beberapa tahap, dimana setiap tahap disebut reaksi elementer yang merupakan akibat tumbukan atom, ion atau molekul. Laju reaksi elementer sama dengan hasil kali konsentrasi pereaksi dipangkatkan koefisiennya. Mekanisme reaksi merupakan perincian serangkaian reaksi elementer. Mekanisme reaksi rantai terdiri dari tiga rangkaian reaksi elementer, yaitu tahap inisiasi, tahap propagasi dan tahap terminasi.

Kegiatan Belajar 3:Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi
Rangkuman
Dasar teoritis dari kinetika kimia (laju reaksi, mekanisme reaksi dan sebagainya) mencakup pemikiran penting yaitu reaksi kimia terjadi sebagai akibat tumbukan antara molekul-molekul pereaksi. Hanya tumbukan yang mempunyai energi yang cukup efektif menghasilkan reaksi.

Peningkatan suhu reaksi dapat meningkatkan fraksi molekul yang mempunyai energi aktivasi sehingga reaksi dipercepat. Untuk mempercepat terjadinya reaksi dapat juga dilakukan dengan meningkatkan konsentrasi dari pereaksi dan penambahan katalis.

Katalis dalam peranannya sebagai pemercepat reaksi dapat menurunkan energi aktivasi, selain itu katalis juga berperan dalam menyajikan reaksi alternatif sesuai dengan yang diharapkan terutama dalam industri-industri. Katalis yang dapat memperlambat terjadinya suatu reaksi, katalis semacam ini dinamakan inhibitor.

Daftar Pustaka

* Alberty RA dan Daniels F., 1984. Kimia Fisika, Alih bahasa NM Surdia dkk, Jilid 2 Edisi 5, Jakarta : Erlangga,.
* Atkins P.W., 1986. Physical Chemistry, Oxford University Press,
* Brady, Gerard E.H., 1986. General Chemistry: Principles and Structure, 4th edition, New York : John Willy and Son,
* Bucat, 1984. Elements of Chemistry, Vol. 2, : Australia Academy of Science, Camberra City.
* Hiskia dkk, 1987. Materi Pokok Kimia II, Jakarta : Karunika,
* Houston, Paul L., 2003. Chemical Kinetics and Reaction Dynamics, Singapore : McGraw-Hill Book Co.,
* Keenan, 1984. Kimia Untuk Universitas, Jilid 1, Jakarta : Erlangga,
* Lavine, Ira N., 2003. Physical Chemistry, 5th edition, Singapore : McGraw-Hill Book Co.,
* Oxtoby, Gills, Nachtrieb, 2001. Prinsip-prinsip Kimia Modern, Jakarta : Erlangga,
* Petrucci Ralph H., 1987. Kimia Dasar: Prinsip dan Terapan Modern, alih bahasa Suminar, Jilid 2 Edisi 4, Jakarta : Erlangga
* Sastrawijaya, Tresna dkk., 1999. Kimia Dasar II PIPA 3334, Jakarta : Penerbit Universitas Terbuka,
* Silberberg, Martin S., Chemistry : The Molecular Nature of Matter and Change, 3rd edition, New York : McGra


MODUL 3: Kesetimbangan Kimia

Kegiatan Belajar 1: Keadaan dan Hukum Kesetimbangan Kimia
Rangkuman

Kegiatan Belajar 2: Asas Le Chatelier dan Sistem Kesetimbangan dalam Industri
Rangkuman

Daftar Pustaka

* Alberty RA dan Daniels F., 1984. Kimia Fisika, Alih bahasa NM Surdia dkk, Jilid 2 Edisi 5, Jakarta : Erlangga.
* Atkins P.W., 1987. Principles of Physical Chemistry, London : Longman.
* Brady, Gerard E.H., 1986. General Chemistry: Principles and Structure, 4th edition, New York : John Willy and Son.
* Keenan, 1984. Kimia Untuk Universitas, Jilid 1, Jakarta : Erlangga.
* Oxtoby, Gills, Nachtrieb, 2001. Prinsip-prinsip Kimia Modern, Jakarta : Erlangga.
* Petrucci Ralph H., 1987. Kimia Dasar: Prinsip dan Terapan Modern, alih bahasa Suminar, Jilid 2 Edisi 4, Jakarta : Erlangga.
* Syukri S., 1999. Kimia Dasar, Jilid III, Bandung : Penerbit ITB.


MODUL 4: Kesetimbangan Larutan Dalam Air

Kegiatan Belajar 1: Larutan Asam dan Larutan Basa
Rangkuman



Kegiatan Belajar 2: Hidrolisis
Rangkuman



Kegiatan Belajar 3: Kesetimbangan Kelarutan
Rangkuman



Kegiatan Belajar 4: Titrasi Asam Basa
Rangkuman

1. Titrasi adalah prosedur untuk menentukan kadar suatu zat dengan pengukuran volume larutan zat kedua yang konsentrasinya sudah diketahui (larutan standar). Titik ekivalen adalah keadaan dimana jumlah mol asam sama dengan jumlah mol basa titik akhir titrasi : keadaan dimana terjadi perubahan warna indikator yang menjadi tanda berakhirnya titrasi tersebut.
2. Indikator asam basa adalah zat yang dapat memberikan perubahan warna dalam suasana asam maupun basa. Rentang antara 2 nilai pH dimana terjadi perubahan warna indikator disebut trayek pH indikator.
3. Dalam titrasi meskipun reaksinya merupakan reaksi penetralan tetapi hasil reaksi tidak selalu merupakan larutan yang netral. Larutan akan bersifat basa bila yang bereaksi adalah asam lemah dan basa kuat. Demikian juga sebaliknya larutan akan bersifat asam bila yang bereaksi adalah asam kuat dengan basa lemah.

Daftar Pustaka

* Agus,Akhril. 1984. Mengerti Kimia.Bandung : Bumi Siliwangi Mengabdi.
* Brady, J.E.. 1990. General Chemistry. 5th.ed. New York : John Willey & Sons.
* Brown, Theodore L ; LeMay H,Eugene ; Bursten , BE : 1997. Chemistry : The Central Science. 7 th ed. Int. Ed. London : Prentice-Hall International, Inc.
* Chang, Raymond. 1991. Chemistry. 4th.ed. New York : McGraw Hill Inc.
* Harvey, David. 2000. Modern Analytical Chemistry. Boston. McGraw Hill Co.
* Oxtoby, D.W.; Gillis H.P.; Nachtrieb NH. 2001. Prinsip-Prinsip Kimia Modern. Edisi 4 jilid 1. Alih bahasa Suminar S. Achmadi. Jakarta : Erlangga
* Sastrawijaya, T dkk. 1999. Kimia Dasar II. PIPA 3334. Jakarta : Universitas Terbuka.
* Sastrohamidjojo, H. 2001. Kimia Dasar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
* Silberberg, Martin S. 2003. Chemistry: The Molecular Nature of Matter an Change. 3rd ed.New York McGraw Hill Co.


MODUL 5: Koloid

Kegiatan Belajar 1:Koloid dan Sifatnya
Rangkuman
Berdasarkan ukuran partikelnya, dikenal tiga macam sistem yaitu (a) larutan, (b) koloid dan (c) suspensi. Fase dispersi adalah zat/ partikel-partikel yang sangat halus yang menyebar keseluruh medium dispersinya.

Beberapa sifat fisik dari koloid adalah luas permukaan, gerak Brown, efek Tyndall, adsorbsi dan muatan listrik sistem koloid.

Gerak Brown adalah gerakan yang disebabkan tumbukan antara partikel-partikel dalam sistem koloid.

Efek Tyndall adalah gejala pemantulan dan penghamburan cahaya oleh sistem koloid.

Adsorbsi adalah peristiwa penyerapan suatu molekul atau ion pada permukaan suatu zat.

Kegiatan Belajar 2:Penggolongan Koloid
Rangkuman
Berdasarkan wujud fasa dispersi dan mediumnya, ada delapan macam sistem koloid (bukan 9), karena semua gas bisa bercampur dengan gas membentuk campuran yang homogen atau larutan. Sol adalah sistem koloid dimana fasa dispersi-nya berupa zat padat dan mediumnya berbentuk cair. Ada dua macam sol yaitu sol liofob dan sol liofil. Liofob artinya tidak suka cairan medium sedangkan liofil suka cairan mediumnya. Bila medium yang dipakai adalah air dinamakan hidrofob dan hidrofil.

Aerosol adalah sistem koloid yang berkenaan dengan gas sebagai salah satu komponennya.

Kegiatan Belajar 3:Pembuatan dan Pemurnian Koloid
Rangkuman
Pembuatan koloid ada dua macam yaitu cara kondensasi dan cara dispersi.

Cara kondensasi dilakukan dengan cara mengubah partikel yang kecil menjadi partikel yang berukuran koloid. Sedangkan cara dispersi dilakukan dengan menghaluskan partikel-partikel yang besar menjadi partikel yang berukuran koloid.

Ada 3 macam pembuatan koloid dengan cara kondensasi adalah reaksi pengendapan, reaksi hidrolisis dan reaksi redoks

Yang termasuk cara dispersi adalah cara mekanik, peptisasi dan cara Bredig.

Pemurnian koloid dilakukan dengan mengambil ion yang berlebih yang disebut dialisis. Untuk mempercepat proses pemurnian dilakukan dengan proses elektrodialisis.

Daftar Pustaka

* Brady, JE. 1990. General Chemistry. 5th ed. New York: John Wiley & Sons.
* Chang, Raymond. 1991. Chemistry. 4th ed. New York : Mc Graw Hill Inc.
* Masrun, Rio Sunarya. Ilmu Pengetahuan Alam : Sistem Koloid. Bandung : Proyek Balai Pendidikan Guru.
* Petrucci,Ralph H. 1987. Kimia Dasar : Prinsip dan Terapan Modern, Edisi ke 4, jilid 2 alih bahasa Suminar Achmadi. Jakarta: Erlangga
* Sastrawijaya, A.Tresna dkk. 1999. Kimia Dasar II. PIPA 3334. Jakarta: Universitas Terbuka.


MODUL 6: Elektrokimia

Kegiatan Belajar 1: Penyetaraan Persamaan Reaksi Redoks
Rangkuman
Dalam reaksi redoks, reaksi oksidasi dan reduksi terjadi bersamaan. Reaksi redoks terdiri dari dua reaksi yaitu oksidasi dan reduksi yang masing-masing disebut setengah reaksi. Pada reaksi oksidasi selalu terjadi pelepasan elektron yang diikuti dengan kenaikan bilangan oksidasi, sedangkan pada reaksi reduksi terjadi penerimaan elektron yang diikuti dengan penurunan bilangan oksidasi.

Apabila pada reaksi redoks unsur yang mengalami oksidasi sekaligus juga mengalami reduksi maka reaksi redoks itu disebut reaksi autoredoks atau disproporsionasi.

Penyetaraan persamaan redoks terdiri dari dua macam setengah reaksi, yang diselesaikan melalui 6 tahap. Tahap terakhir merupakan penjumlahan dari kedua setengah reaksi dengan cara menghilangkan jumlah elektron pada kedua setengah reaksi.

Bobot satu ekivalen oksidator atau reduktor adalah jumlah banyaknya zat tersebut yang dapat menerima atau melepaskan 1 mol elektron. Dalam reaksi redoks 1 ekivalen oksidator bereaksi dengan 1 ekivalen reduktor.

Kegiatan Belajar 2: Sel Elektrokimia
Rangkuman
Ada 2 jenis sel elektrokimia, yaitu :

1. Sel Galvani atau sel Volta, pada sel ini terjadi perubahan dari energi kimia menjadi energi listrik.
2. Sel Elektrokimia, pada sel ini terjadi perubahan dari energi listrik menjadi energi kimia.

Sel elektrokimia mempunyai dua elektroda yaitu anoda dan katoda, anoda tempat berlangsungnya reaksi oksidasi dan katoda tempat berlangsungnya reaksi reduksi.

Pada sel Volta, anoda adalah elektroda negatif dan katoda adalah elektroda positif. Sel Volta yang menggunakan elektroda Zn-Cu disebut sel Daniel.

Listrik terjadi karena adanya aliran elektron. Pada sel Volt, elektron dapat mengalir karena adanya perbedaan potensial listrik antara kedua elektroda. Jembatan garam pada sel Volta berfungsi untuk menyetimbangkan muatan listrik.

Potensial elektroda yang diukur pada suhu 25°C dan konsentrasi larutan 1 Molar disebut Potensial Elektroda Standar. Ada 2 jenis potensial elektroda yaitu potensial Oksidasi dan potensial Reduksi. Untuk setiap harga dari E° oksidasi = E° reduksi.

Potensial listrik yang dihasilkan oleh suatu sel disebut potensial sel atau GGL (Gaya Gerak Listrik). Untuk mengukur GGL suatu sel dapat dilakukan dengan menggunakan Voltmeter dan Potensiometer. Pengukuran potensial sel atau GGL suatu sel dengan potensiometer dapat dilakukan dengan menggunakan sel weston sebagai sel standar. Suatu reaksi redoks dapat berlangsung apabila harga E° sel positif.

Elektrolisis adalah peristiwa penguraian suatu elektrolit oleh arus listrik searah. Berbeda dengan sel Volta, pada sel elektrolisis anoda adalah elektroda positif dan katoda adalah elektroda negatif. Reaksi yang terjadi pada katoda dan anoda pada sel elektrolisis tergantung pada jenis elektroda dan jenis kation dan anion yang terdapat dalam larutan elektrolit.

Hubungan antara massa zat yang terjadi dan jumlah listrik yang mengalir dalam larutan selama elektrolisis dinyatakan dengan hukum Faraday :

1. Massa zat yang terbentuk pada katoda berbanding lurus dengan jumlah listrik yang digunakan dalam sel elektrolisis.
2. Massa zat yang dihasilkan oleh arus listrik yang sama dari beberapa sel yang berbeda sebanding dengan bobot ekivalen masing-masing zat.

Aspek termodinamika terdapat hubungan antara energi bebas Gibbs dengan potensial sel dan kespontanan proses dalam elektrokimia. Dari energi bebas Gibbs dapat diturunkan persamaan Nernst dan dapat ditentukan tetapan kesetimbangan elektrolit.

Kegiatan Belajar 3: Aplikasi Elektrokimia
Rangkuman
Dalam sel elektrokimia dapat terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia dan perubahan dari energi kimia menjadi energi listrik. Pada prinsipnya ada dua model sel yaitu sel primer dan sel sekunder.

Sel primer yaitu sel yang bersifat tidak reversibel, artinya zat-zat yang digunakan untuk menghasilkan listrik tidak dapat dibentuk kembali menghasilkan zat semula sehingga sel tidak dapat digunakan lagi, misalnya baterai dan sel merkuri.

Sel sekunder yaitu sel yang bersifat reversibel, artinya zat-zat yang digunakan untuk menghasilkan listrik dapat dibentuk kembali sehingga sel dapat digunakan kembali, misalnya sel aki (sel timbal dan sel nikel kadmium).

Proses penyepuhan menggunakan prinsip elektrolisis, terjadi pemindahan atom logam dari anoda ke katoda. Untuk melapisi benda dengan logam yang diinginkan, maka sebagai anoda dipakai logam tersebut dan sebagai elektrolit adalah larutan garamnya.

Daftar Pustaka

* Fremantle, M.H., Tidy J.G., 1988. Essential Science Chemistry, London : Oxford University.
* Hiskia Akhmad, 1990. Elektro Kimia, Bandung : Jurusan Kimia FMIPA, ITB.
* ---------------, 1983. Elemets of Chemistry, Vol.1, Bucat : Superising Editor, Australia Academy of Science,
* James E. Brady, Gerard E. Humiston, 1986. General Chemistry, 4th Edition, Singapore : John Willy & Sons.
* Oxtoby, Gills, Nachtrieb, 1999. Prinsip-prinsip Kimia Modern, Edisi 4 / Jilid 1, Jakarta : Erlangga.
* Ralph H. Peltrucci - Suminar, 1989. Kimia Dasar Prinsip Dan Terapan Modern, Edisi 4 / Jilid III, Jakarta : Erlangga,


MODUL 7: Kimia Unsur

Kegiatan Belajar 1: Kimia Logam
Rangkuman
Logam alkali sangat reaktif, jadi tidak terdapat dalam keadaan bebas di alam, sangat lunak dan mudah diiris. Logam alkali bereaksi dengan oksigen membentuk tiga macam oksida yaitu oksida normal, peroksida, dan superoksida. Semua logam alkali bereaksi hebat dengan air dan merupakan reduktor kuat.

Logam alkali tanah kurang reaktif jika dibandingkan dengan logam alkali, dapat bereaksi dengan air dan asam dan garamnya memberikan reaksi nyala.

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua logam terdapat dalam keadaan bebas di alam, tetapi dalam bentuk senyawa logam. Untuk memperoleh logam dari senyawa logam (bijih logam) perlu diolah sehingga didapatkan logam yang murni. Ada empat tahap yang penting dalam pemurnian logam, yaitu proses pemekatan, pemanggangan, reduksi dan pemurnian dengan cara destilasi atau dengan cara elektrolisis. Campuran dua macam logam atau lebih yang telah menjadi satu mempunyai sifat logam berubah dari sifat dasar penyusun logam tersebut dinamakan paduan logam atau alloy.

Kegiatan Belajar 2: Kimia NonLogam
Rangkuman
Oksigen merupakan unsur yang amat penting bagi kehidupan. Reaksi oksigen dengan unsur/zat dikenal dengan reaksi oksidasi. Oksigen merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya api. Api terjadi karena adanya bahan, panas dan oksigen, ketiga faktor dari segitiga api ini merupakan prinsip pemadam kebakaran. Bentuk alotrop dari oksigen adalah ozon, berguna untuk menyaring sinar ultra violet dari sinar matahari.



Belerang mempunyai dua bentuk alotrop yaitu belerang rombik dan monoklin. Belerang dipergunakan sebagai bahan obat, proses vulkanisasi karet dan pembuatan asam sulfat.



Gas mulia helium, neon, argon, kripton dan xenon terdapat di udara dalam kadar yang sangat kecil. Gas mulia sukar bereaksi dengan unsur lain, pada umumnya digunakan untuk mengisi lampu listrik. Radon digunakan sebagai salah satu radiasi untuk pengobatan kanker.

Kegiatan Belajar 3: Kimia Unsur Transisi
Rangkuman
Unsur-unsur transisi adalah unsur-unsur yang mempunyai subkulit d yang belum terisi oleh elektron, mempunyai sifat-sifat khusus yang berbeda dengan logam alkali dan alkali tanah. Besi memegang peranan penting dalam industri, salah satu jenis besi yang terkenal adalah baja. Besi mudah mengalami korosi. Kobalt, nikel dan tembaga banyak digunakan dalam pembuatan paduan logam seperti alnico, monel, kuningan dan perunggu. Senyawa Cu yang penting adalah terusi, mempunyai sifat dapat mematikan kuman. Seng merupakan logam yang tahan karat, karena itu dipergunakan sebagai pelapis besi untuk mencegah korosi. ZnS bersifat antiseptik karena itu dipakai sebagai bahan penggunaan salep. Logam Hg berupa cairan pada suhu biasa mudah menguap, uapnya bersifat racun, dapat membentuk amalgama dengan berbagai logam. Logam perak, emas dan platina banyak dipergunakan untuk perhiasan. Platina dipergunakan terutama sebagai katalis pada proses pengapian kendaraan bermotor (busi).

Daftar Pustaka

* Brady, J.E. , Humiston, G.E. 1982. General Chemistry, John Wiley and Sons, New York.
* Cotton dan Wilkinson, 1989. Kimia Anorganik Dasar, Terjemahan, Sahati Suharto, Universitas Indonesia , UI Press, Jakarta.
* Cotton Albert F., Geoffrey Wilkinson, Paul l. Gaus, 1995. Basic Inorganic Chemestry, Third Edition, by Yhon Weley & Sons, Inc Singapore,
* Freemantle, N.H. , Tidy J.G. 1988. Essential Science Chemistry, Oxford University, London
* Martin S. Silberberg, 2003Chemistry The Moleculer Nature of Matter and Change, Third Edition, Published by Mc Graw-Hill, a business unit of the Mc Graw-Hill Companies Inc., New York,


MODUL 8: Kimia Inti

Kegiatan Belajar 1: Kestabilan Inti
Rangkuman



Kegiatan Belajar 2: Keradioaktifan dan Peluruhan Radioaktif
Rangkuman



Kegiatan Belajar 3: Reaksi Inti dan Penggunaan Radioisotop
Rangkuman



Daftar Pustaka

* Brady, J.E.. 1990. General Chemistry. 5th.ed. New York : John Willey & Sons.
* Brown, Theodore L ; LeMay H,Eugene ; Bursten , BE : 1997. Chemistry : The Central Science. 7th ed. Int. Ed. London : Prentice-Hall International, Inc.
* Chang, Raymond. 1991. Chemistry. 4th.ed. New York : McGraw Hill Inc.
* Irfan Anshory dan Hiskia Achmad, 1998. Acuan Pelajaran Kimia SMU, Jakarta: Erlangga
* Oxtoby, D.W.; Gillis H.P.; Nachtrieb NH. 2001. Prinsip-Prinsip Kimia Modern. Edisi 4 jilid 1. Alih bahasa Suminar S. Achmadi. Jakarta : Erlangga
* Petrucci,Ralph H. 1987. Kimia Dasar : Prinsip dan Terapan Modern, Edisi ke 4, jilid 2 alih bahasa Suminar Achmadi. Jakarta: Erlangga
* Sastrawijaya, A.Tresna dkk. 1999. Kimia Dasar II. PIPA 3334. Jakarta : Universitas Terbuka.
* Silberberg, Martin S. 2003. Chemistry: The Molecular Nature of Matter an Change. 3rd ed.New York McGraw Hill Co.


MODUL 9: Hidrokarbon: Alkohol, Eter, Aldehida dan Keton

Kegiatan Belajar 1: Senyawa Hidrokarbon : Alkana, Alkena dan Alkuna
Rangkuman



Kegiatan Belajar 2: Senyawa Karbon yang Mengandung Oksigen
Rangkuman



Kegiatan Belajar 3: Senyawa Hidrokarbon : Aldehida dan Keton
Rangkuman



Tata nama aldehida dan keton menurut IUPAC pada prinsipnya sama dengan tata nama pada hidrokarbon (alkana) sebagai induk dengan mengganti akhiran 'na' pada alkana dengan 'nal' bagi aldehida dan 'non' untuk keton. Aldehida dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk menghasilkan senyawa organik lainnya karena aldehida dan keton dapat mengalami bermacam-macam reaksi seperti reaksi adisi dengan air dan pereaksi Grignard, reaksi oksidasi, reaksi reduksi dan aldolkondensasi. Aldehida dan keton secara besar-besaran dapat diperoleh melalui oksidasi alkohol primer menghasilkan aldehida dan oksidasi alkohol sekunder menghasilkan keton. Aldehida banyak sekali digunakan dalam industri sehingga dibuat secara besar-besaran di laboratorium.

* formaldehida dibuat melalui oksidasi metanol dengan menggunakan katalis logam Ag pada temperatur 600-700oC
* etanol dibuat dengan mengoksidasi etene menggunakan katalis logam Paladium dan Tembaga pada temperatur 100-300oC
* aceton dihasilkan dari oksidasi 2-propanol atau oksidasi propena dengan katalis Paladium dan Tembaga.

Beberapa contoh aldehida dan keton yang banyak digunakan adalah :

* Formalin larutan 40% formaldehida digunakan untuk pengawet specimen.
* Paraformaldehida yang merupakan polimer formaldehida dengan fenol untuk bahan insulator listrik.
* Etanal (asetaldehida) adalah bahan dasar untuk menghasilkan asam asetat.
* Aseton adalah senyawa keton yang penggunaannya cukup luas seperti pelarut resin, plastik dan lak.

Daftar Pustaka

* Hart, H. 1987. Kimia organik, suatu kuliah singkat. Edisi ke-6. Terj. S.Achmad, Penerbit Erlangga,Jakarta, 414 hlm.
* Meislich, E.K., H. Meislich, J. Sharefkin, 1993. 3000 solved problems in organic chemistry, Vol 1 & 2. McGraw-Hill, New York, 687 & 687 hlm.
* R.J. Fessenden, J.S. Fessenden, 1990. Kimia organik. Edisi ke-3, Jilid 1 & 2. Terj. A.H.Pujaatmaka, Penerbit Erlangga, Jakarta, 590 hlm.
* Brady, J.E., & G.E.Humiston, 1986. General Chemistry, principle and structure. John Willey & Sons, New York, 897hlm.
* Redmore, F.H., 1979. Fundamentals of organic chemistry, Prentice Hall, New Yersey, 686 hlm.
* Petrucci, R.H., 1989. Kimia dasar, prinsip dan terapan modern. Edisi ke-4. Terj. S. Achmad, Penerbitan Erlangga, Jakarta, 365.

0 komentar:

Posting Komentar